Rabu, 04 Januari 2012





Debian



Debian adalah sistem operasi bebas yang dikembangkan secara terbuka oleh banyak programer sukarela(pengembang Debian) yang tergabung dalam Proyek Debian. Sistem operasi Debian adalah gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensiGNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia.

Proyek Debian adalah asosiasi dari individu-individu yang telah membuat penyebab umum untuk menciptakan sebuah sistemoperasi bebas. Sistem operasi yang telah kita buat ini disebutDebian GNU / Linux, atau hanya Debian untuk pendek.


Sebuah sistem operasi adalah seperangkat program dasar danutilitas yang membuat menjalankan komputer Anda. Pada inti dari sistem operasi adalah kernel. Kernel adalah program yang paling mendasar pada komputer dan tidak semua rumah dasar dan memungkinkan Anda memulai program lainnya.

Sistem Debian saat ini menggunakan kernel Linux. Linux adalahbagian dari perangkat lunak dimulai oleh Linus Torvalds dandidukung oleh ribuan programer di seluruh dunia.

Namun, pekerjaan yang sedang berlangsung untuk memberikanDebian untuk kernel lainnya, terutama untuk Hurd. Hurd adalah kumpulan dari server yang berjalan di atas sebuah mikrokernel(seperti Mach) untuk mengimplementasikan fitur yang berbeda.Hurd adalah perangkat lunak bebas yang dihasilkan oleh proyek GNU.

Sebagian besar alat-alat dasar yang mengisi sistem operasiberasal dari proyek GNU; maka nama-nama: GNU / Linux dan GNU / Hurd. Alat ini juga gratis.

Tentu saja, hal yang orang inginkan adalah perangkat lunak aplikasi: program untuk membantu mereka mendapatkan apa yang mereka ingin lakukan dilakukan, dari mengedit dokumen untuk menjalankan bisnis untuk bermain game untuk menulislebih banyak perangkat lunak. Debian datang dengan lebih dari29.000 paket (software precompiled yang terbungkus dalam format yang bagus untuk kemudahan instalasi di mesin anda) -semuanya gratis.

Ini sedikit seperti sebuah menara. Pada dasar adalah kernel. Di atas yang semua alat dasar. Berikutnya adalah semua perangkat lunak yang Anda jalankan pada komputer. Di bagian atasmenara adalah Debian - hati-hati mengatur dan pas segala sesuatu sehingga semuanya bekerja bersama-sama.


Persyaratan Hardware
Debian memiliki persyaratan perangkat keras tidak melampaui orang-orang dari kernel Linux dan GNU alat-set (gcc, coreutils,bash, dll). Oleh karena itu, setiap arsitektur atau platform untuk yang paket ini telah porting, dan untuk port Debian ada, dapat menjalankan Debian. Linux, dan Debian, mendukung banyak prosesor atau "multiprocessing simetris". Ini tidak menghambat dukungan untuk sistem prosesor tunggal.
Persyaratan yang direkomendasikan sistem Debian berbeda tergantung pada tingkat instalasi, yang sesuai dengan peningkatan jumlah komponen yang terpasang. 

Sebuah prosesor 1 GHz adalah minimum yang disarankan untuk sistem desktop. Tergantung pada arsitektur, adalah mungkin untuk menginstal Debian dengan sebagai sedikit sebagai 20 MB RAM untuk s390 atau 48 MB RAM untuk i386 dan AMD64. Demikian pula, persyaratan ruang disk, yang tergantung pada paket yang akan diinstal, juga dapat dikurangi. Emdebian (tertanam Debian) meningkatkan instalasi untuk perangkat dengan ruang disk yang minimal, sebagian dengan menghapus dokumentasi dan menginstal hanya terjemahan yang dibutuhkan. Dalam bentuk Grip dan Baked itu adalah biner kompatibel.

Hal ini dimungkinkan untuk menjalankan antarmuka pengguna grafis pada sistem tua atau low-end, tapi direkomendasikanuntuk menginstal window manager bukan lingkungan desktop, yang sumber daya lebih intensif. Sebagai contoh, Lingkungan desktop LXDE dirilis dengan Lenny dan memiliki prosesor jauh lebih rendah dan penggunaan memori dibandingkan dengan GNOME atau KDE Desktop Plasma. Tergantung pada sifat dari RAM, server dan kebutuhan ruang disk dapat sangat bervariasi.








How do I get Debian?
Ini yang paling populer untuk menginstal Debian dari CD yang Anda dapat membeli untuk harga media di salah satu vendor kitabanyak CD. Jika Anda memiliki akses internet yang baik, Anda dapat men-download dan menginstal Debian melalui Internet.

Silakan lihat halaman tentang mendapatkan Debian untuk informasi lebih lanjut. ( our page about getting Debian)

Jika Anda belum, Anda mungkin ingin melihat pertama pada HOWTO Kompatibilitas Hardware Linux. (Linux Hardware Compatibility HOWTO.)

Jangan lupa untuk melihat melalui packages yang  ditawarkan(mudah-mudahan Anda tidak akan terintimidasi oleh banyaknya)

Berikut ini adalah tampilan Debian Linux
 

sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Debian, http://id.wikipedia.org/wiki/Debian, http://www.debian.org/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar